Samsung Hummingbird, Processor Smartphone Tercepat

foto berita artikel

Samsung dan Intrinsity telah bekerja sama untuk mempersiapkan processor tercepat yang ditujukan untuk di device seperti iPhone Apple. Chip processor yang dikembangkan oleh Samsung dan Instrinsity yang berbasis di Austin, Texas tersebut sama dengan processor yang ada di iPhone 3GS, yakni processor ARM Cortex A8 600MHz. Lisensi perusahaan ARM untuk desain chip hemat energy tersebut kini sudah mulai digunakan oleh supplier chip, termasuk Samsung, Texas Instruments, Qualcomm, dan Nvidia.

Chip processor tercepat ciptaan Samsung dan Intrinsity tersebut diberi nama Hummingbird, yang nantinya dapat diaplikasikan di device iPhone atau sejenisnya. “Samsung menciptakan Hummingbird ke dalam desain S5PC100 dengan tanpa perubahan apapun. Sebelumnya, desain S5PC100 sudah ada di iPhone 3GS, dan untuk iPhone edisi berikutnya akan memiliki clock speed hingga 1GHz.” ungkap Tom R. Halfhill, analis senior dari Microprocessor Report.

Halfhill menambahkan bahwa Samsung akan menggunakan Hummingbird untuk smartphone masa depan, khususnya untuk device Apple mendatang. Satu kelebihan dari chip Hummingbird ini adalah berkaitan dengan clock speed, sesuatu yang tidak didukung di desain ARM, dimana chip ARM berbicara soal efisiensi power, bukan performance yang tinggi.

“Namun, kini telah berubah, Desain core processor mobile lebih difokuskan untuk performance clock speed yang tinggi, dan sekaligus efisiensi energi.” ulas Jae Cheol Son, wakil presiden SOC Platform Development, dari Samsung Electronics. Dalam chip Hummingbird ini, untuk mendapatkan clock speed 1GHz maka diperlukan proses manufaktur 45nm, lebih kecil daripada proses chip sekarang ini yang menggunakan proses 65nm. Makin kecil, makin cepat dan makin efisien energy yang digunakan. Konsep chip Hummingbird ini dimungkinkan akan digunakan di mobile application processor atau processor utama di smartphone mulai 2013.

from : Beritanet

Penulis : Singgih Yudha Prasetya ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Samsung Hummingbird, Processor Smartphone Tercepat ini dipublish oleh Singgih Yudha Prasetya pada hari Selasa, 28 Juli 2009. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Samsung Hummingbird, Processor Smartphone Tercepat
 

0 komentar:

Posting Komentar