Tips Membeli Komputer bekas/baru


Lama saya tidak posting blog tercinta ini, terkadang sibuk atau mungkin kurangnya inspirasi yang membuat saya lama tidak menulis. Dari kegiatan sehari-hari aku mikir apa yang perlu saya posting untuk blog saya, tapi teringat kata teman yang ingin beli computer bekas. Jadinya saya punya inspirasi, Bagaiman kalau tema ini tips beli computer bekas. Daripada lama-lama aku langsung saja buat postingan ini. Langsung ya………
Computer terdiri dari berbagai macam komponen, seperti RAM (Random Access Memory), Harddisk, CD/DVD RW, Motherboard, Processor, PS (power supply), Casing PC. Yang perlu diperhatikan dalam membeli computer bekas adalah isi dari computer tersebut, Jangan sampai anda tergiur dengan harga yang ditawarkan maupun kondisi luar computer. Itu bisa akal-akalan dari penjual agar terlihat bagus dan diminati untuk dibeli. Pengusaha punya berbagai macam cara memperoleh untung yang besar, denga modal yang kecil. Bagi kita yang sudah memahami computer, tidak terlalu susah untuk memilih computer yang komdisi luar-dalamnya masih bagus. Tapi mungkin bagi orang awam sulit untuk memilih computer murah dengan kondisi bagus.
·         Motherboard
Ada berbagai macam board yang tersedia, soal kualitas hampir sama. Yang namanya barang elektronik, sewaktu bisa saja rusak walaupun kita betu-betul merawat barang tersebut. Ada berbagai merek motherboard, mulai dari harga yang tinggi seperti : Gigabyte, Asrock, ASUS, VENOM, dll. Ada juga dengan kualitas biasa seperti : Jetway, Extreme, BIOSTAR, Amptron, dll. Sesuai dengan budget dan kebutuhan kita. Jangan lupa lihat baik-baik kondisi board, seperti :
elco (tabung-tabung kecil yang ada di board) jika sudah buncit cari yang board yang lain/minta ganti pada penjual.
Pin pada slot (kalau sudah kotor, bisa menyebabkan computer tidak bisa berjalan dengan sempurna).
Chipset board (kotak hitam yang tertempel pada board, juga sesuaikan kebutuhan) chipset sendiri berbeda-beda. Untuk processor (socket775) pentium4/dualcore/core2duo/core2quad (dari yang lama) ada : 945, G31, G41. Untuk Pentium 4 lama (socket370 dan PGA478) ada : 845, 865, dll.
Socket (tempat processor) untuk Pentium 4 (socket 370 dan 478), lihat lubang-lubangnya, jika ada yang tidak baik suruh penjual untuk ganti, karena dapat mengganggu kinerja processor. Dan untuk Pentium4 keatas (socket775) ada pin-pin yang terbilang banyak sesuai socketnya dan jangan sampai ada pin yang bengkok.
·         Processor
Processor adalah otak dari computer,  processor sendiri ada berbagai macam merek seperti : Intel, AMD, VIA. Tapi dari ketiganya paling popular adalah Intel, Karena lebih stabil dan dan dari segi harga cukup cocok. Untuk merek AMD juga bagus dari segi grafik untuk gamer, tetapi kurang begitu stabil dan sparepart kurang tersedia di took kkomputer. Processor sangat penting, Jangan sampai tertipu. Hiraukan promosi yang terpampang di took-toko. Lihat dan cek apakah benar-benar sesuai yang dijual. Contoh: “Dijual Pentium 4 (2,4 ghz), 512mb, 80 gb, casing baru. Hanya 700rb….. termurah dikota anda. Hubungi ******* computer”. Janga langsung percaya dengan iklan tersebut, cek apakah speed computer itu 2,4 GHZ. Biasanya toko computer membuktikannya dengan cara klik kanan icon my computer pada desktop PC. Itu tulisan belum tentu benar (karena bisa dirubah lewat registry). Coba tes sendiri lewat BIOS computer dengan cara : restart computer, klik tombol delete atau F2 pada keyboard terus, lalu akan masuk semacam progam dengan warna biru dan tulisan putih. Disitu anda akan melihat apa benar. Atau dengan cara manual, dengan cara membongkar computer dan lihat tulisan diatas processor.
·         RAM
RAM : Random Access Memory, ini gunanya meningkatkan kinerja computer. RAM ini terbagi menjadi berbagai model SDRAM, DDR, DDRII, DDRIII. Sesuaikan kebutuhan anda/model computer anda. Caranya gampang memilih RAM yang masih bagus, lihat pin kuning yang ada dibawah. Kalau terlihat ada becak-bercak/goresan/terlihat gosong, jangan dipilih/ minta RAM yang lain.
·         HARDDISK
HARDDISK : ini adalah tempat penyimpanan data, hardisk terdiri dari berbagai macam type (IDE dan SATA) pilih sesuai kebutuhan saran saya pilih yang model sata, karena lebih cepat dari IDE. Untuk merek ada berbagai macam : SEAGATE, SAMSUNG, WDC, HITACHI, MAXTOR, dll. Saran saya pilih merek SEAGATE, karena pembacaan lebih bagus, tidak berisik, dan tidak cepat panas. Hindari merek MAXTOR. Kalau pengecekannya agak terlalu susah, karena memerlukan software khusus untuk menditeksi batch sector pada HD.
·         CD/DVD
CD/DVD : tidak terlalu penting untung pc, karena ini hanya untuk yang membutuhkan. Tapi share aja. Untuk memlih CD/DVD caranya pilih merek antara LG, Samsung, Asus. Untuk kecepatan membacanya biasanya sudah tertulis pada kotak depan : 20X, 22X, 24X. semakin besar, semakin cepat membacanya. Jangan lupa suruh penjual mengetes CD/DVDnya.
·         CASE + PS
Case + PS : biasanya PS (Power Supply) sudah ada dalam casing. Ada juga yang dijual terpisah, tergantung tokonya. Kalau untuk PS, caranya dengan mencium dalam PS sewaktu dinyalakan. Apa berbau, atau tidak. Kipas masih dengan keadaan normal, tidak bersuara, semakin berat PS (semakin bagus). Biasanya toko menyiasati ini dengan Case dan PS baru. Jangan mudah tergiur dengan casing baru. Cek baru bernego dengan penjual.
NO REPOST

Penulis : Singgih Yudha Prasetya ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tips Membeli Komputer bekas/baru ini dipublish oleh Singgih Yudha Prasetya pada hari Jumat, 12 November 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tips Membeli Komputer bekas/baru
 

0 komentar:

Posting Komentar